Peta Lokasi Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

air terjun kedung kandang

Lokasi Air Terjun Kedung Kandang terletak di Padukuhan Gunungbutak Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS S7°51'20.2" E110°32'06.3". Peta Lokasi dan Rute dari Jogja lihat di akhir posting. Kedung Kandang obyek wisata baru di Gunungkidul yang menawarkan keindahan air terjun dan jelajah berjalan kaki atau trekking menyusuri jalur sepanjang ± 800 meter sambil menikmati berbagai view menarik serperti: gunung, bukit, batuan besar, sungai, dan persawahan.

puncak ngekong

Di sekitar Kedung Kandang juga terdapat Njurug Talang Purba ± 150 meter arah kanan pintu masuk dan Puncak Ngekong. Puncak Ngekong merupakan puncak gunung atau bukit di kawasan ini. Dari atas Puncak Ngekong pengunjung dapat melihat panorama alam indah kawasan yang berada di bawahnya. Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba dikelola Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul merupakan air terjun musiman karena air mengalir di saat musim penghujan atau setelah ada hujan. Bedanya Kedung Kandang merupakan air terjun bertingkat dimana air mengalir dari atas tebing perbukitan menuju ke bawah melalui sungai dan batuan yang letaknya bertingkat seperti anak tangga bila dilihat dari kejauhan.

air terjun kedung kandang Gunungkidul

njurug talang purba

Saat trekking, siapkan bekal minuman karena berjalan kaki naik turun bukit cukup menguras tenaga. Beberapa warung minuman dan makanan sudah tersedia, namun lokasinya hanya di dekat pintu masuk dan jalur keluar. Salah satunya warung “Mbak Sri" tepat berada di tanjakan sebelah barat menuju jalur keluar. Di dekat warung ini terdapat pohon langka kemloko (Phyllanthus emblica) dalam bahasa Inggris tumbuhan ini disebut sebagai indian gooseberry atau myrobalan bentuk buahnya seperti anggur hijau tetapi rasanya asam.

kemloko

Rute dari Jogja (dari arah Barat) :
Jogja - Jalan Wonosari - Piyungan - Bukit Bintang atau Bukit Patuk - Perempatan timur Radio GCD FM ke kiri - Ngoro-oro - Setelah Puskesmas Patuk 2 ke kanan - Sekretariat Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran - SDN Nglanggeran -Pertigaan belok kiri - Pertigaan setelah Lapangan ke kanan lihat papan petunjuk masuk lokasi Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba

Rute dari Wonosari (dari arah Timur) :
Wonosari - Bundaran Siyono - Logandeng - Lanud TNI AU Gading - Tahura Bunder - Rest Area Bunder - Pertigaan Sambipitu memutar belok kanan - Pertigaan ke kiri menuju arah Bobung - Plumbungan - Bobung - Balai Padukungan Gunungbutak- Pertigaan sebelum Lapangan ke kiri lihat petunjuk masuk lokasi Kedung Kandang dan Njurug Talang Purba