Puncak Tugu Magir Puncak Tertinggi Gunungkidul

puncak tugu magir

Puncak Tertinggi Gunungkidul sumber lain menyebutkan sebagai Puncak Tugu atau Puncak Tugu Magir merupakan bukit atau gunung di zona Batur Agung wilayah utara di Padukuhan Sriten Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Koordinat GPS S7°49'51" E110°38'1" lihat peta. Di kawasan ini juga terdapat Wisata Embung Sriten atau Embung Batara Sriten beberapa ratus meter dari puncak bukit.

puncak tertinggi gunungkidul

Baturagung atau Batur Agung  adalah zona pengembangan wilayah Kabupaten Gunungkidul berdasarkan kondisi topografi bertipe perbukitan, banyak sumber-sumber air tanah, jenis tanah didominasi Latosol dengan batuan induk vulkanik dan sedimen taufan. Wilayah ini meliputi Kecamatan Patuk, Gedangsari, Ngawen, Semin, Ponjong bagian utara, dan Nglipar

Zona tengah disebut Ledok Wonosari meliputi Kecamatan Playen, Wonosari, Karangmojo, Ponjong bagian tengah, dan Semanu. Jenis tanahnya didominasi oleh asosiasi mediteran merah dan grumosol hitam dengan bahan induk batu kapur. Zona Selatan disebut wilayah pengembangan Gunung Seribu dengan batuan dasar pembentuknya adalah batu kapur dengan ciri khas bukit-bukit kerucut (Conical Limestone) dan merupakan kawasan karst, banyak terdapat sungai bawah tanah. Wilayah ini meliputi Kecamatan Purwosari, Panggang, Saptosari, Paliyan, Tanjungsari, Tepus, Rongkop, Girisubo, Semanu bagian selatan dan Ponjong bagian selatan.
(sumber data topografis : “Potensi Kebudayaan & Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul 2014”)

embung sriten gunungkidul

Puncak Tertinggi Gunungkidul atau Puncak Tugu Magir dan Embung Sriten terletak di Desa Pilangrejo Kecamatan Nglipar dalam zona Batur Agung wilayah utara, ini kemudian menegaskan sebutan Batara sebagai kependekan dari Batur Agung Utara.

Rute dari Jogja :
Jogja » Jl. Wonosari-Piyungan » Bukit Patuk atau Bukit Bintang » Pertigaaan Sambipitu ke kiri menuju arah Nglipar » Perkebunan Hutan Kayu Putih » Pertigaan sebelum Pasar Nglipar ke kiri » Jalan Nglipar-Ngawen » Kedungpoh » Pertigaan timur Kantor Kepala Desa Pilangrejo tepatnya Jl. Nglipar-Ngawen Km. 6,5 ke kiri » ikuti jalan aspal dan cor blok sambil lihat petunjuk arah ke Embung Batara Srinten » Puncak Tertinggi Gunungkidul atau Puncak Tugu Magir

Peta Lokasi Puncak Tugu Magir - Puncak Tertinggi Gunungkidul

Baca :
Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger