Wisata Petualangan dan Pendidikan di Gunungkidul

wisata minat khusus gunungkidul

Wisata Petualangan dan Pendidikan di Gunungkidul termasuk kategori Wisata Minat Khusus. Sesuai karakteristik potensi alam dan paket wisata yang ditawarkan, beberapa obyek wisata Gunungkidul mendukung kegiatan petualangan (adventure) dan pendidikan seperti: panjat tebing, jelajah wisata dan tracking, memancing, penelitian biota laut, serta camping dan outbound.

pantai siungtebing siung

Panjat Tebing (Rock Climbing)
Tempat ideal untuk panjat tebing yaitu Pantai Siung dan Gunung Nglanggeran (Gunung Api Purba Nglanggeran). Lokasi Pantai Siung terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus ± 35 km arah Tenggara kota Wonosari. Pantai Siung memiliki 250 jalur panjat tebing, dari tingkat pemula sampai tingkat ahli (mahir). Biasa digunakan untuk kegiatan komunitas pemanjat tebing organisasi, sekolah, perguruan tinggi, dan pecinta alam. Mereka datang dan menginap pada hari Sabtu dilanjutkan pemanjatan hari Minggu pagi hingga selesai. Kawasan Pantai Siung juga sering digunakan sebagai ajang perlombaan panjat tebing tingkat regional maupun nasional.

goa pindulgoa cokro

Susur Goa (Caving)
Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak goa di sepanjang kawasan karst, baik horizontal atau vertical (biasa disebut  luweng), dengan kedalaman antara 10 sampai 70 meter lebih. Beberapa wisata Gunungkidul untuk kegiatan susur goa, yaitu: Goa Ngingrong dan Lembah Karst Mulo Kecamatan Wonosari, Goa Jlamprong, Goa Kalisuci, Goa Jomblang, Goa Grubug Kecamatan Semanu, Goa Seropan perbatasan Kecamatan Semanu dan Kecamatan Ponjong, Goa Cokro Kecamatan Ponjong, Goa Pindul Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo, dan beberapa goa di berbagai wilayah yang belum dikembangkan.

pantai ngandongpantai drini

Jelajah Wisata (Tracking)
Beberapa lokasi obyek wisata Gunungkidul yang cocok untuk kegiatan jelajah wisata terdapat di Lembah Bengawan Solo Purba sekitar 45 km arah Tenggara Wonosari, Gunung Nglanggeran (Gunung Api Purba Nglanggeran, Hutan Wanagama dan Rest Area Bunder sekitar 8 km arah Barat Wonosari, Lembah Karst Mulo sekitar 8 km arah Selatan Wonosari, Gunung Gambar dan Hutan Wonosadi dengan jarak 18 km arah Utara Wonosari. Jelajah wisata juga bisa dilakukan di kawasan pantai yang saling berdekatan, yaitu Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Sepanjang, Pantai Sanglen, Pantai Watu Kodok, Pantai Drini, Pantai Sarangan, Pantai Krakal, Pantai Slili, Pantai Sadranan, Pantai Ngandong, Pantai Sundak, Pantai Somandeng, Pantai Pulang Sawal (Indrayanti), Pantai Watulawang, Pantai Pok Tunggal, dll.

pantai wediombodam beton

Memancing (Fishing)
Ada beberapa lokasi yang digunakan memancing ikan laut seperti: Pantai Wediombo, Pantai Timang, Pantai Siung, Pantai Baron, dan beberapa tebing kawasan pantai selatan Gunungkidul. Sedangkan lokasi memancing ikan tawar bisa dilakukan di Dam Beton (Bendung Beton Indah) atau Bendungan Simo, dan beberapa tempat di Kecamatan Ponjong banyak terdapat warung menu ikan air tawar sekaligus menyediakan alat dan lokasi pemancingan.

pantai kukupbiota pantai kukup

Penelitian Biota Laut
Kegiatan penelitian biota laut banyak dilakukan di Kabupaten Gunungkidul oleh pelajar dan mahasiswa. Lokasi yang dipilih yaitu Pantai Sundak dan Pantai Kukup yang memiliki beragam jenis biota laut yang indah dan menarik.

Camping dan Outbound
Lokasi obyek wisata Gunungkidul sekaligus tempat yang cocok untuk kegiatan berkemah (Camping) dan Outbound yaitu Pantai Sundak, Pantai Drini, Pantai Wediombo, Pantai Pok Tunggal, dll. Lokasi Outbound dengan karakteristik perbukitan, hutan, dan sungai atau telaga terletak di Rest Area Bunder, Hutan Wanagama Banaran Kecamatan Playen, Gunung Gambar dan Hutan Wonosadi di lereng perbukitan antara Padukuhan Duren dan Sidorejo, Kecamatan Ngawen. Kegiatan Outbound dengan lokasi menarik terdapat di kawasan Bendung Beton atau disebut juga Dam Beton Indah Kecamatan Ponjong, Gunung Nglanggeran (Gunung Api Purba Nglanggeran) Kecamatan Patuk, Hutan Wonosadi Kecamatan Ngawen, Rest Area Bunder Kecamatan Playen, dan Desa Wisata Jelok, Beji, Kecamatan Patuk. Selengkapnya, cek lokasi » Camping Ground dan Outbound Area di Gunungkidul.

gunung gambar
Gunung Gambar di Gunungkidul
Sumber:  Wisata Minat Khusus - Special Interest Tourism, Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul.
Kawasan Gunung Gambar selain merupakan obyek wisata spiritual, bisa menjadi alternatif lain kegiatan jelajah wisata (tracking), dan berkemah (camping). Gunung dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, terletak di Desa Jurangjero Kecamatan Ngawen. Dari puncak Gunung Gambar, kita bisa melihat keindahan Rawa Jombor Klaten dan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. 


Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger