Profil Wisata Gunungkidul Yogyakarta

wisata gunungkidul

Gunungkidul merupakan salah satu dari 5 (lima) kabupaten - kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak aksesibilitas dari Kota Jogja ± 40 km2 arah Tenggara, dengan lokasi ibukota di Wonosari. Memiliki luas wilayah ± 1.485,36 km2 atau ± 46,63% luas wilayah DIY, dan garis pantai ± 70 km. Posisi koordinat antara 7°46' LS - 8°09' LS dan 110°21' BT - 110°50' BT. Berbatasan dengan Kabupaten Klaten dan Sukoharjo Jawa Tengah di sebelah Utara, Kabupaten Bantul dan Sleman di Barat, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah di Timur dan Samudera Hindia di sebelah Selatan.

Aset unggulan pariwisata Gunungkidul hampir tak terbatas, sangat banyak jumlahnya dan beragam jenisnya, meliputi:

Wisata Pantai Gunungkidul
Dari 50 lebih lokasi pantai, ada 11 yang dikelola secara resmi oleh Pemerintah Daerah sampai saat ini: Ngrenehan, Ngobaran, Nguyahan, Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sundak, Siung, Wediombo, dan Sadeng. Sedangkan pantai-pantai lain mengedepankan pemberdayaan masyarakat, dikelola oleh Pokdarwis dan masyarakat setempat.

Wisata Hutan
Hutan Wanagama, Wonosadi, Bunder atau Taman Hutan Rakyat (Tahura), Lindung, Kalikidul, Wana Wisata, Watu Payung, Nampu, Linggomanik, Hutan Rakyat Klepu dan Nglanggeran, Sodong, dan Hutan Tawarsari.

Wisata Gunung dan Bukit
Terdiri dari kawasan Karst Gunung Sewu, Patuk atau Hargodumilah atau Bukit Bintang, Butak, Nglanggeran, Gentong, Tumpang, Batugede, Watujoli, Gambar, Bagus, Tutup, Panggung, Kendil, dan Gunung Batur.

Wisata Sungai dan Air Terjun
Meliputi Air Terjun Jurug Gede, Jurug Banyu Nibo, Jurug Taman Sari, Kedung Kembang, Kedung Kandang, Air Terjun Banyu Nibo, Air Terjun Sri Gethuk, Sungai Oya di berbagai wilayah, Sungai Klayar, Sungai Beton, DAM Payaman - Ngerco.

Wisata Goa Gunungkidul
Goa yang sudah berkembang diantaranya Goa Pindul, Kalisuci, Jomblang dan Grubug, Cokro dan Gremeng, Jlamprong, Sinden, Ngingrong, Cerme, Songgilap, Glatik, Rancang Kencono, Senen.

Kawasan Wisata Minat Khusus
Segmen Karst Kalisuci, Pindul, Lembah Karst Mulo, Parangracuk, Kukup, Siung, Timang, Wediombo, Nglanggeran, Bengawan Solo Purba, Wanagama.

Wisata Pendidikan
Karst Pegunungan Sewu, berbagai Geo Site di kawasan Geopark Gunung Sewu khususnya Geo Area Gunungkidul.

Desa Wisata
Bobung, Mojo, Bejiharjo, Nglanggeran, Bleberan, Umbulrejo, Mulo, Kemadang, Ngestirejo, Wonosadi, Jelok, Pacarejo, Sundak, Turunan.

Wisata Buatan
Berbagai waduk dan embung di kawasan Kebun Buah Nglanggeran, Batara Sriten, Tambakromo, Monumen Radio AURI, Monumen Gelaran Jendral Sudirman, situs-situs megalitik, penelitian biota laut, hutan lindung dll.

Wisata Budaya dan Sejarah
Sebaran warisan budaya di berbagai wilayah berupa artefak, situs, menhir, arca, candi, petilasan, sendang, makam, resan, pendopo, tugu, rumah tradisional monumen dll. Potensi tradisi dan budaya Jawa masih dijaga teguh sebagai peninggalan leluhur bangsa di 18 Kecamatan, 144 Desa, dan 1.431 Padukuhan dengan ciri khas masing-masing.

Wisata Kuliner Gunungkidul
Makanan khas Gunungkidul berupa thiwul, sayur lombok ijo, ikan laut, ikan air tawar, belalang goreng atau bacem, camilan hasil laut, Berkat atau Brekat Dalem yaitu nasi uduk, sayur, lauk, dan ingkung ayam jantan Jawa biasa dihidangkan dalam acara bersih desa dan upacara-upacara tradisi, emping jagung, kripik tales, pathilo (seperti renginang terbuat dari ketela), lempeng, krecek, dan berbagai makanan lain dengan bahan baku dari ketela.

gunungkidul handayani

Video Profil Wisata Gunungkidul Handayani - Jogja

Sumber: Disbudpar & Bappeda Gunungkidul
Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger