Ponjong Pusat Wisata Kuliner dan Pemancingan Gunungkidul

wisata kuliner gunungkidul

Wisata Kuliner Gunungkidul khususnya menu ikan air tawar dan kolam pemancingan banyak terdapat di Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul, Jogja. Lokasinya sekitar 15 km arah timur kota Wonosari. Rumah makan yang menyediakan menu ikan air tawar maupun kolam pemancingan terletak di wilayah Simo, Genjahan, dan Sumber (Ponjong).

ponjong gunungkidul

Simo, Genjahan, dan Sumber di Kecamatan Ponjong Gunungkidul merupakan kawasan subur dengan hamparan tanaman padi luas membentang. Selama perjalanan menuju lokasi, kita bisa melihat aliran air jernih irigasi mengalir di selokan sepanjang jalan. Ketersediaan air sangat melimpah karena di daerah ini ada mata air yang dikenal dengan nama Sumber Ponjong. Di sekitar lokasi  juga dibangun Wisata Air Water Byur yaitu kolam renang dilengkapi aneka fasilitas permainan anak.

Selain dikenal sebagai pusat kuliner dan pemancingan ikan air tawar, Ponjong juga memiliki beberapa obyek wisata menarik lainnya seperti Goa Cokro, Goa Lowo, Bendungan Beton, Gunung Kendil, Gunung Tutup, dan embung yang sedang dibangun di Gunung Panggung, sebuah bukit atau gunung perbatasan antara Tambakromo Ponjong dan Semin di Kabupaten Gunungkidul serta Manyaran di Kabupaten Wonogiri.

kuliner gunungkidul

Kuliner Gunungkidul di Kecamatan Ponjong terdiri berbagai menu ikan air tawar seperti nila, bawal, gurameh goreng atau bakar. Disajikan dengan menu tambahan seperti oseng-oseng kangkung, sayur lalapan, tempe dan tahu goreng, sambal terasi, sambal kecap, sambal bawang serta berbagai jenis minuman. Rumah makan dan warung makan biasa dimanfaatkan juga untuk mengelar berbagai pertemuan baik perorangan, keluarga, organisasi, perusahaan swasta dll. Sambil menyantap hidangan ikan air tawar segar, pengunjung sekaligus menikmati pemandangan indah area persawahan, gemericik jernihnya air irigasi, atau memancing di kolam yang tersedia.

Nama-nama warung makan menu khas ikan air tawar dengan fasilitas kolam pemancingan seperti Berkah Tirta, Langgeng Timur, Mina Simo, Moro Seneng, Candra Purnama, Puro Sido Makmur, Sumilir, Gana, Doel Lepen bisa Anda jumpai di Kecamatan Ponjong Gunungkidul, Yogyakarta.

mancing gunungkidul

Mau mancing di Gunungkidul ? Lokasi memancing khusus ikan air tawar tersebar di wilayah Kecamatan Ponjong baik kolam, lapak, dan bendungan dengan sistem borongan (tebasan), harian, atau kiloan sesuai berat banyaknya ikan yang diperoleh.

Rute dari Jogja ke Ponjong :
Jogja » Wonosari » Jalan Wonosari-Karangmojo » Wiladeg » Pertigaan Kelor lurus » Perempatan Srimpi lurus» Pertigaan Jaran Mati lurus » Warungayu » ke Genjahan / Sumber / Simo

Rute II
Jogja » Wonosari » Jalan Wonosari-Karangmojo » Wiladeg » Pertigaan Kelor belok kiri » SPBU Karangmojo » Perempatan Pasar Karangmojo lurus » Pertigaan Jaran Mati belok kiri » Warungayu »  ke Genjahan / Sumber / Simo

Rute III
Jogja » Wonosari » Proliman Baleharjo lurus arah Semanu » Jembatan Jirak lurus » Perempatan Bangjo Munggi ke kiri » Balai Desa Ngeposari » Pertigaan Kranggan belok kiri » SMPN 1 Ponjong » ke Sumber / Genjahan / Simo