Wisata Budaya dan Sejarah di Kabupaten Gunungkidul

Ungkapan yang bijak mengatakan bahwa menyelami masa lampau mutlak diperlukan untuk mengenal masa kini, sedangkan memahami masa kini dapat memberi kemampuan masa depan yang lebih harmonis. Di Kabupaten Gunungkidul banyak ditemukan peninggalan budaya prasejarah. Hasil budaya masa prasejarah adalah hasil budaya yang dibuat dan dipakai oleh manusia dalam dimensi yang cukup panjang yaitu sejak manusia pertama hingga abad V-VI Masehi, selanjutnya peninggalan budaya dari masa klasik seperti candi, masa Islam seperti pesanggrahan, makam, wayang dan yang mewakili masa kolonial berupa bangunan dengan arsitektur lokal yang dipengaruhi oleh karakter arsitektur dari luar, rumah tradisional serta monumen bersejarah.

Potensi budaya suatu daerah merupakan modal dasar yang dapat dimanfaatkan bagi kemakmuran masyarakat. Beberapa tempat wisata budaya dan sejarah di Kabupaten Gunungkidul adalah: Pertapaan Kembang Lampir, Pesanggrahan Gambirowati, Situs Megalitik Sokoliman, Situs Megalitik Gunungbang, dan Petilasan Gunung Gambar.

pertapaan kembang lampir


Pertapaan Kembang Lampir
Terletak di desa Girisekar, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, tempat ini dibangun pada periode Islam. Kembang Lampir dulu digunakan sebagai tempat bertapa Ki Ageng Pemanahan untuk memperoleh wahyu Kraton, dengan wahyu tersebut beliau berharap dapat menurunkan raja-raja di Jawa. Pertapaan Kembang Lampir dibuka untuk umum setiap hari Senin dan Kamis.

pertapaan kembang lampir gunungkidul


Pesanggrahan Gambirowati
Bangunan periode Islam ini terletak di dusun Watugajah, Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul. Candi atau Situs Gambirowati seluas 13.200 m2 dan terletak pada ketinggian 138 mdpl memiliki struktur bangunan berteras dan berbahan batu putih. Di dalam OV (Oudheidkundige Verslaag) tahun 1925 FDK Bosch menyebut bangunan tersebut berasal dari abad XVI.

candi situs gambirowati


Situs Megalitik Sokoliman
Terletak di dusun Sokoliman II, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Candi atau Situs Megalitik Sokoliman terbentuk pada periode prasejarah berupa menhir, fragmen menhir, dan dinding kubur batu. Tahun 1934 JL. Moens dan Van der Hoop mengadakan penelitian di situs Sokoliman dengan menemukan bekal kubur yang berbentuk manik-manik, alat-alat besi, fragmen gerabah, dan benda-benda perunggu.

candi situs megalitik sokoliman


Petilasan Gunung Gambar
Petilasan yang terbentuk pada periode Islam ini berada di dusun Wonosari, desa Jurangjero, Kecamatan Ngawen, Kabupaten Gunungkidul. Data sejarah diketahui bahwa Gunung Gambar merupakan tempat bertapa Raden Mas Said atau terkenal dengan sebutan Pangeran Samber Nyowo yang kemudian bergelar KGPAA Mangkunegara I. Di tempat ini juga biasa digelar acara Sadranan pada waktu tertentu.

gunung gambar gunungkidul


Sumber: 
Buku Welcome to Gunungkidul Jogja Indonesia, Enjoy The Adventure! 
Leaflet Wisata Minat Khusus (Special Interest Tourism). Dinas Kebudayaan & Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul.
Share this article :

Post a Comment

Tuliskan komentar Anda untuk KedaiSusu01. Terimakasih sudah berkenan berkunjung di kedai kami dan blog sederhana ini.

 
Copyright © 2012. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger