Kawasan Karst Pegunungan Sewu Gunungkidul

goa jomblang kawasan karst goa pindul kabupaten gunungkidul

Kawasan Karst Pegunungan Sewu atau disebut Kawasan Karst Pegunungan Seribu merupkan bentang alam yang terdiri dari wilayah Kabupaten Gunungkidul, Wonogiri, dan Pacitan. Kawasan karst ini memiliki topografi karst yang terbentuk oleh proses pelarutan batuan kapur.

Luas Kawasan Karst Kabupaten Gunungkidul ± 13.000 km2, sangat unik dengan ciri adanya fenomena di permukaan (eksokarst) dan bawah permukaan (endokarst). Fenomena permukaan meliputi bentukan positif, seperti perbukitan karst yang jumlahnya ± 40.000 bukit, berbentuk kerucut. Sedangkan bentukan negatifnya berupa lembah-lembah karst dan telaga karst.

Fenomena bawah permukaan meliputi goa-goa karst (terdapat 119 goa) dengan stalaktit dan stalakmit, dan semua aliran sungai bawah tanah. Keunikan inilah yang mendorong International Union of Speleology  pada tahun 1993 mengusulkan agar Kawasan Karst Pegunungan Sewu atau Geopark Gunung Sewu masuk ke dalam salah satu warisan alam dunia. Pada tanggal 6 Desember 2004 di Kabupaten Gunungkidul, Presiden SBY mencanangkan wilayah Gunung Sewu dan Gombong Selatan sebagai kawasan Eko Karst.

goa kali suci gunungkidul

( Referensi Pustaka: Buku Welcome to Gunungkidul Jogja Indonesia, Enjoy The Adventure! )

Wisata kawasan karst di Kabupaten Gunungkidul yang banyak dikunjungi wisatawan yaitu: Goa Ngingrong, Lembah Karst Mulo, Goa Jlamprong, Goa Kali Suci, Goa Jomblang, Goa Grubug, Goa Seropan, Goa Cokro, dan Goa Pindul. Potensi pariwisata karst Kabupaten Gunungkidul beragam dan memiliki nilai ilmiah tinggi, di antara potensi lain seperti pasir putih yang berkembang sebagai wisata masal (mass tourism), wisata minat khusus petualangan seperti panjat tebing (Pantai Siung, Watu Gupit), susur Goa Cerme dan potensi sumber air Bribin. Sedangkan wisata sejarah dan relegius meliputi Goa Rancang Kencana, Goa Braholo, dan Goa Maria Tritis. Lihat juga Geopark Gunung Sewu Bentang Alam Unik Nan Indah.

Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger