Geopark Gunungsewu Bentang Alam Unik Nan Indah

geopark gunungsewu

Geopark Gunungsewu merupakan bentang alam karst tropis atau kawasan dengan karakteristik khusus yang memiliki keragaman geologi, biologi, dan budaya membentang dari wilayah Gunungkidul (Daerah Istimewa Yogyakarta), Wonogiri (Jawa Tengah), hingga Pacitan (Jawa Timur) atau area timur Pantai Parangtritis hingga Teluk Pacitan. Dalam bahasa Jawa gunung berarti bukit, gunung, atau pegunungan, sedangkan kata sewu berarti seribu atau ribuan. Gunung Sewu bisa diartikan banyak bukit atau gunung, ribuan bukit atau gunung, pegunungan seribu.

Keragaman geologi yang unik di kawasan Gunungsewu terjadi karena proses alam yang komplek sejak jutaan tahun lalu. Geopark Gunungsewu dikembangkan sebagai upaya pengelolaan pelestarian warisan alam dan budaya oleh masyarakat serta pemerintah setempat untuk tujuan wisata, penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan, dan pendidikan.

geopark gunung sewu

Bentang alam unik dan indah di Kawasan Geopark Gunungsewu meliputi bukit batu gamping, hamparan dan endapan batuan, fosil, lembah, goa vertikal (luweng), goa horisontal, gabungan goa vertikal dan horisontal, sungai bawah tanah, aneka flora fauna dan keunikan budaya. Sekitar 33 situs warisan bumi baik situs geologi (geosite) maupun non geologi seperti: Gunung Api Purba Nglanggeran, Endapan Laut Miosen Awal Sambipitu - Endapan Laut Tua Sambipitu, Goa Pindul, Goa Kali Suci, Luweng Jomblang, Luweng Grubug, Pantai Siung Wediombo, Lembah Bengawan Solo Purba - Lembah Purba Sadeng, Air Terjun Bleberan - Sri Gethuk, Goa Jlamprong, Luweng Cokro, Goa Gong Pacitan, Goa di Pracimantoro, Pantai Klayar dan situs lain yang tersebar di GeoArea Gunungkidul, Wonogiri dan Pacitan. Geopark Nasional Gunungsewu selanjutnya akan ditingkatkan statusnya ke dalam jaringan global Geopark Unesco.

Yuk mengenal lebih dalam tentang Geopark Gunungsewu lewat video Badan Geologi (Kementerian ESDM RI) dan Alkantana Film berikut:


Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger