Peta Lokasi Goa Rancang Kencono Gunungkidul

peta goa rancang kencono

Lokasi Goa Rancang Kencono atau banyak ditulis juga Gua Rancang Kencana terletak di Padukuhan Menggoran Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta. Koordinat GPS Goa Rancang Kencono S7°56' 56.71" E110° 29' 33.61" lihat peta Google Maps di bawah.

Wisata goa ini berkaitan erat dengan masa penjajahan, di sinilah Laskar Mataram merancang strategi melawan penjajah. Jejak sejarah dan buktinya bisa kita temukan di dalam goa yaitu terdapat lukisan lambang garuda dan prasasti yang dibuat oleh para pejuang. Pada mulut goa atau pintu masuk berdiri sebuah pohon klumpit kokoh tinggi menjulang, jika dilihat dari dalam pohon akan terlihat seolah menembus langit-langit goa. Melalui anak tangga menurun pengunjung bisa memasuki area goa yang luas dan terbagi menjadi beberapa bagian. Lokasi Goa Rancang Kencono tidak jauh dari wisata Air Terjun Sri Gethuk karena keduanya berada di kawasan Desa Wisata Bleberan.

Baca juga:
Desa Wisata Bleberan Gunungkidul 
Peta Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul 


Rute Goa Rancang Kencono dari Jogja :
Yogyakarta - Jalan Wonosari - Piyungan - Bukit/Gunung Patuk atau "Bukit Bintang" - Sambipitu - Pertigaan Bangjo timur Lanud TNI AU Gading belok kanan menuju arah Playen - Pertigaan selatan Pasar Playen ke kanan beberapa meter terus ke selatan menuju arah Paliyan - Pertigaan ke kanan menuju Desa Dengok (lihat papan nama menuju lokasi) - Puskesmas Playen 2 - Pertigaan ke kanan menuju Padukuhan Menggoran - Lokasi Goa Rancang Kencono 

Peta Lokasi Goa Rancang Kencono Gunungkidul

Lihat Peta Goa Rancang Kencono Gunungkidul Yogyakarta skala besar
Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger