Obyek Wisata Gunung dan Bukit di Gunungkidul

Gunungkidul (Daerah Istimewa Yogyakarta) sebagai  salah satu kawasan Geopark Gunungsewu memiliki banyak bukit dan pengunungan tersebar di berbagai wilayah. Bukit atau  gunung yang telah dimanfaatkan sebagai obyek wisata unggulan adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Sedangkan potensi bukit dan gunung yang lain tak kalah menarik untuk dikembangkan sebagai obyek wisata. Lebih detail lihat peta Google Maps di bawah.

Daftar Obyek Wisata Gunung dan Bukit di Gunungkidul Yogyakarta

gunung batur
Gunung Batur - Gunung Api Purba Batur (foto: Disbudpar Gunungkidul)

Gunung Batur - Gunung Api Purba Batur 
Lokasi di Balong Kecamatan Girisubo, koordinat GPS S8°10'56" E110°41'41". Gunung Batur atau Gunung Api Purba Batur dekat dengan pantai Wediombo dan pantai karang Pengilon yang terletak di kaki gunung sebelah barat. Tempat  ini dalam pengembangan menjadi kawasan wisata konservasi dan pendidikan.   
Peta Lokasi Gunung Batur

Bukit Bintang
Lokasi di Kecamatan Patuk atau perbatasan wilayah Gunungkidul dan Kabupaten Bantul beberapa meter sebelum Taman Handayani dan Gapura Selamat Datang di Gunungkidul pintu gerbang masuk kawasan Geopark Gunung Sewu. Tempat ini memiliki beberapa sebutan yaitu: Bukit Patuk, Gunung Patuk, Bukit Hargodumilah, Gunung Hargodumilah, dan Bukit Bintang. Koordinat GPS S7°50'43" E110°28'48". Pada malam hari kita bisa menikmati pemandangan indah berupa gemerlap cahaya lampu wilayah yang berada di bawah bukit meliputi Bantul, Sleman, dan Kota Yogyakarta. Kilauan lampu yang tersebar  dan indah seperti bintang jika dilihat dari atas bukit menjadikan tempat ini dikenal sebagai Bukit Bintang.  
Peta Lokasi Bukit Bintang Yogyakarta

gunung nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran (Foto: kedaisusu01.blogspot.com)

Gunung Api Purba Nglanggeran
Lokasi di Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Koordinat GPS S7°50'28" E110°32'29". Merupakan kawasan ekowisata paling berkembang pesat dibanding yang lain. Terdapat embung cantik dan menjadi bagian dari Kebun Buah Nglanggeran berpadu dengan tradisi budaya lokal yang terus dilestarikan oleh warga setempat.
Peta Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Tutup 
Lokasi di Padukuhan Gedaren I, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong. Koordinat GPS: S7°58'19" E110°43'22". Terdapat padepokan dan petilasan Mangku Kusuma, saudara dari Pangeran Samber Nyowo (KGPAA Mangkunegara I).  
Peta Lokasi Gunung Tutup

Gunung Bagus
Lokasi di Desa Giring Kecamatan Paliyan. Berbagai sumber menyebutkan wilayah ini memiliki hubungan erat dengan kisah Legenda Jaka Tarub. Di sekitar kawasan Gunung Bagus masih terdapat peninggalan Jaka Tarub berupa Lesung atau alat penumbuk padi.

gunung gambar
Gunung Gambar (foto: Disbudpar Gunungkidul)

Gunung Gambar
Lokasi di Desa Jurangjero Kecamatan Ngawen, koordinat GPS S7°49'17" E110°40'16". Terdapat petilasan Raden Mas Said atau Pangeran Samber Nyowo yang bergelar KGPAA Mangkunegara I terbentuk pada periode Islam. Dipakai sebagai tempat upacara Sadranan pada waktu tertentu. Dari kawasan ini kita bisa melihat pemandangan di bawah bukit berupa Rowo Jombor dan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Dikembangkan sebagai wisata sejarah, pendidikan, dan budaya.  
Peta Lokasi Gunung Gambar

Gunung Gentong  
Lokasi Gunung Gentong di Padukuhan Manggung, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari. Koordinat GPS S7°51'17" E110°34'25". Tempat ini memiliki nilai sejarah karena terdapat peninggalam Prabu Brawijaya.  
Peta Lokasi Gunung Gentong

Gunung Payung
Lokasi Gunung Payung di Padukuhan Boyo Desa Ngalang Kecamatan Gedangsari. Pada Puncak Gunung Payung terdapat Goa Payung. Di Desa Ngalang juga terdapat Watu Tumpang yaitu 2 batu besar yang bertindihan (bertumpangan) yang terletak di perbatasan Padukuhan Karanganyar dan Buyutan, Desa Ngalang, Kecamatan Gedangsari.

Gunung Panggung
Lokasi di Desa Pundungsari Kecamatan Semin atau utara Sawahan dan Tambakromo Kecamatan Ponjong, koordinat GPS S7°53'60" E110°45'60". Merupakan wilayah timur Gunungkidul dan berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah.  
Peta Lokasi Gunung Panggung

Gunung Tumpang 
Lokasi di Sampang Kecamatan Gedangsari atau berbatasan dengan wilayah Klaten di sisi utara. Koordinat GPS S7°47'49" E110°34'52".
Peta Lokasi Gunung Tumpang

Gunung Curug 
Lokasi di Desa Tegalrejo Kecamatan Gedangsari.

Kawasan Karst Gunung Sewu
Lokasi di wilayah Kecamatan Panggang, Paliyan, Saptosari, Tepus, Ponjong, Semanu, hingga Rongkop. Merupakan jajaran pegunungan dan perbukitan yang menjadi bagian dari Geopark Gunungsewu khususnya Geo Area Gunungkidul.

Bukit Batugede atau Watugede 
Lokasi Bukit Batugede atau Batu Gede atau Watu Gede terletak di Desa Kedongpoh Kecamatan Nglipar. Koordinat GPS S7°51'33" E110°37'10".  
Peta Lokasi Bukit Batugede

Gunung Ireng
Lokasi Gunung Ireng terletak di Padukuhan Srumbung, Desa Pengkok, Kecamatan Patuk. Koordinat GPS S7°52'57" E110°29'23".  
Peta Lokasi Gunung Ireng

Gunung Kendil
Lokasi di Desa Ponjong, Kecamatan Ponjong, koordinat GPS S7°58'47" E110°43'14". Gunung Kendil merupakan wisata tirta dan rohani (religi),  terdapat sumber mata air yang digunakan untuk terapi kesehatan.  Peta Lokasi Gunung Kendil


Peta Wisata Gunung dan Bukit di Gunungkidul
Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger