Desa Wisata Bobung Gunungkidul

batik kayu desa wisata bobung

Desa Wisata Bobung Gunungkidul Yogyakarta. Desa wisata Bobung terletak di desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, 30 km arah Tenggara kota Yogyakarta. Desa Bobung merupakan desa wisata dengan daya tarik utama sebagai pusat kerajinan batik kayu. Produk kerajinan yang dihasilkan yaitu topeng, patung kayu bermotif batik, berbagai model binatang seperti jerapah, kuda, dan lainnya.

Hampir semua penduduk desa wisata Bobung memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin topeng, patung kayu, dan kerajinan batik kayu. Desa wisata Bobung sangat mudah dijangkau sarana lalu lintas yang ada, termasuk bus wisata dan bus umum. Menuju desa ini tidak terlalu sulit, kondisi jalan aspal mulus sampai ke lokasi.

Wisatawan yang berkunjung, selain menikmati aneka kerajinan kayu juga dapat menikmati udara segar lereng bukit pedesaan dengan pola kehidupan yang khas. Atraksi lain adalah tari topeng, cara bercocok tanam serta menikmati kehidupan di alam pedesaan. Beberapa home stay  juga sudah berdiri untuk menunjang kenikmatan wisatawan dalam berlibur. Setiap tahun penduduk setempat menyelenggarakan upacara Bersih Desa dengan suguhan kesenian khas berupa reog, jathilan, kethoprak serta tarian khas Bobung yaitu Tari Klana Topeng.


(Referensi Pustaka: Welcome to Gunungkidul Jogja Indonesia, Enjoy The Adventure!)

Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger