Wisata Telaga Jonge Gunungkidul Jogja

telaga jonge gunungkidul

Telaga Jonge terletak di Padukuhan Jonge Desa Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS S8°0'38" E110°37'31" peta lokasi dan rute dari Jogja lihat di akhir posting. Alternatif tujuan wisata Gunungkidul selain pantai, goa, air terjun, dan gunung.

telaga jonge

Telaga Jonge cocok untuk wisata keluarga sekaligus tempat transit melepas lelah bagi pengunjung setelah melakukan perjalanana jauh menikmati suasana teduh dan asri. Tak jarang beberapa pengunjung juga meluangkan waktu dengan memancing. Memiliki luas ± 2 hektar dikelilingi hutan buatan dengan pepohonan besar yang rindang dan dekat perkampungan warga. Beberapa fasilitas sudah tersedia seperti warung makanan dan minuman maupun gardu peristirahatan atau tempat berteduh. Setahun sekali warga setempat melaksanakan Bersih Telaga Jonge yaitu tradisi tahunan untuk melestarikan budaya turun temurun sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan sumber alam terutama air telaga yang abadi atau sampai saat ini tak pernah surut.

jonge

Tak  jauh dari Telaga Jonge tepatnya di arah timur terdapat kawasan wisata Kalisuci dan arah tenggara adalah kawasan wisata Goa Jomblang - Goa Grubug. Jika berkunjung di kedua obwis tersebut, jangan lupa mampir sekaligus menikmati suasana damai nan indah tempat ini.

Rute dari Jogja :
Jogja » Jl. Wonosari » Piyungan » Bukit Patuk atau Bukit Bintang » Sambipitu » Lanud TNI AU Gading » Siyono » Alun-alun Wonosari » Pasar Argosari Wonosari » Proliman Baleharjo lurus » Perempatan Ring Road Timur lurus » Jl Wonosari-Semanu » Pertigaan timur Gardu Induk PLN ke kanan » Pertigaan Pasar Wage ke kanan » Telaga Jonge

Rute II :
Jogja » Jl. Wonosari » Piyungan » Bukit Patuk atau Bukit Bintang » Sambipitu » Lanud TNI AU Gading » Siyono » Alun-alun Wonosari » Jalan Baron » Lapangan Karangrejek » Perempatan ke kiri lihat papan petunjuk menuju Wisata Kalisuci » Perempatan ke kanan » Pertigaan ke kiri arah Padukuhan Wilayu » Telaga Jonge