Banyunibo Watu Pengilon Bukit Pengilon Gunungkidul

Lokasi Banyunibo, Bukit Pengilon, dan Watu Pengilon atau Karang Pengilon berada dalam satu kawasan namun berbeda wilayah Kecamatan.  Banyunibo, Bukit Pengilon, dan Watu Pengilon atau Karang Pengilon terletak di kawasan obyek wisata Gunungkidul pesisir pantai selatan bagian timur di Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta.

banyunibo gunungkidul
Pantai - Air Terjun Banyunibo (spadepicnic.wordpress.com)

Banyunibo terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Koordinat GPS 8°11'04.8"S 110°41'20.9"E Asal nama Banyunibo karena di tempat ini terdapat air terjun yang airnya mengalir turun dari bukit jatuh ke laut. Banyu dalam bahasa Jawa berarti air, Nibo berarti jatuh. Bisa diartiken sebagai air yang mengalir jatuh ke laut atau air terjun. Banyak artikel blog, website atau foto di medsos terlanjur menyebutkan pantai atau air terjun di kawasan ini sebagai Banyutibo. Setelah melakukan penelusuran berbagai sumber, seperti yang termuat di buku Potensi Kepariwisataan dan Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul terbitan Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul ternyata yang tercantum adalah Pantai Banyunibo termasuk dalam salah satu daftar nama pantai di Gunungkidul, bukan Banyutibo.

pantai banyunibo
Pantai Banyunibo di Purwodadi Tepus nomor 37 lingkaran merah

Di Wikimapia juga ditandai kawasan ini sebagai Pantai Banyunibo, perbedaan terletak pada huruf n dan t setelah kata Banyu. Sedangkan Banyutibo adalah nama Pantai di Pacitan yang karakter alamnya memang mirip karena juga terdapat air terjunnya. 

watu pengilon
Watu Pengilon (instagram.com/msetyantoko)

Watu Pengilon atau Karang Pengilon terletak di Desa Balong Kecamatan Girisubo. Koordinat GPS 8°11'08.1"S 110°41'21.3"E Batu atau dalam bahasa Jawa disebut Watu atau karang ini berbentuk unik sepintas bentuknya mirip cermin atau pengilon (bahasa Jawa). Di sebelah timur dulu banyak terdapat sarang burung walet di sepanjang gugusan karang. 

bukit pengilon
Kawasan Bukit Pengilon (instagram.com/dwiharry311)

Bukit Pengilon  merupakan kaki bukit sebelah barat daya dari Gunung Api Purba Batur atau Gunung Batur yang terletak di Desa Balong Kecamatan Girisubo dan menyatu dengan Watu Pengilon yang tepat berada di tepi laut. Koordinat GPS 8°11'09.1"S 110°41'29.4"E

Ketiga lokasi tersebut dapat dijangkau melalui bukit Pantai Siung sebelah timur menuju ke arah Timur sekitar 1 Km. Kawasan ini merupakan perbatasan antara Kecamatan Tepus dan Girisubo, meskipun jaraknya saling berdekatan namun Banyunibo ada di Kecamatan Tepus sedangkan Bukit Pengilon dan Watu Pengilon keduanya di Kecamatan Girisubo.

Perpaduan tempat yang asyik, karena saat mengunjungi lokasi ini kita bisa menikmati 3 nama obyek wisata alam sekaligus di lokasi berdekatan. Banyunibo berupa pantai dan air terjun jika musim penghujan, Bukit Pengilon yang hijau dan luas tempat yang asyik untuk berkemah, dan batu karang berbentuk cermin Watu Pengilon. Di sebelah timur juga terdapat Gunung Batur yang merupakan gunung api purba, Pantai Watu Lumbung, dan Wediombo yang telah lebih dulu dikenal.

Rute Bukit Pengilon - Pantai Banyunibo - Watu Pengilon dari Jogja :
Kota Yogyakarta - Piyungan - Bukit Bintang (Patuk) - Sambipitu - Lanud TNI AU Gading - Siyono - Alun-alun Wonosari - Jalan Baron - Pertigaan Bangjo Desa Mulo ke kiri menuju arah Kecamatan Tepus - Kawasan Taman Geopark Gunungsewu dan Goa Ngingrong - Pertigaan Bajing Lemu lurus (arah timur) - Pertigaan ke kiri arah Pasar Tepus - Lapangan bola Dakbong Purwodadi - Pertigaan ke kanan ikuti papan petunjuk ke Pantai Siung - Jalan ke Arah Timur melalui Bukit Pantai Siung - Kawasan Pantai Banyunibo, Watu Pengilon, Bukit Pengilon

Peta Lokasi Bukit Pengilon Gunungkidul Jogja:



Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger