Wisata Bendungan Beton Indah Gunungkidul

Bendungan Beton Ponjong Gunungkidul

Bendungan Beton atau Bendung Beton terletak di Padukuhan (Dusun) Sladi, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Koordinat GPS: S7°57'1" E110°43'35" (lihat peta). Merupakan wisata tirta dengan suasana alam pedesaan pegunungan kapur. Wisata Beton Indah selain memiliki mata air yang keluar dari gunung di kawasan pegunungan seribu juga merupakan wahana pengembangan potensi diri dengan berbagai kegiatan di alam terbuka sambil menikmati indahnya pemandangan alam serta makanan khas pedesaan.

wisata bendungan beton indah gunungkidul

Wisata Beton Indah Gunungkidul menyediakan fasilitas rekreasi keluarga, diantaranya pemancingan, warung makan menu ikan bakar, fasilitas kegiatan out door game, outbound area, dan camping ground. Penelusuran goa (caving) bisa dilakukan di sekitar lokasi dengan medan lumpur, berair, atau kering, jalur tracking naik dan turun menelusuri sungai bawah tanah yang mempunyai ciri gelap abadi dengan keindahan alam khas di dalamnya.

Beberapa sarana pendukung telah tersedia, seperti: flying fox, jembatan goyang, big net, becak air, dan beberapa game dengan peralatan tertentu yang menarik, mendidik, dan menyenangkan. Kawasan Bendungan atau Dam Beton cocok untuk kegiatan wisata keluarga, organisasi, atau sekolah. Tempat ini berdekatan dengan BPI (Balai Pembibitan Ikan) Beton Umbulrejo Ponjong yang menyediakan berbagai jenis bibit ikan air tawar untuk dikembangkan.

Rute Lokasi Bendungan Beton Ponjong Gunungkidul dari Yogyakarta:
Jogja » Piyungan » Patuk » Sambipitu » Rest Area Bunder » Lanud TNI AU Gading » Siyono » Alun-alun Wonosari » Perempatan RSUD Wonosari ke Timur » Jl. Kasatrian » Bangjo Pertigaan Branang lurus ke Timur » Selang » Lapangan Wiladeg ke Timur » Pertigaan Kelor lurus ke Timur » Perempatan Srimpi lurus ke Timur » Pertigaan Jaran Mati lurus ke Timur » Puskesmas Unit I Ponjong » Proliman Ponjong ke Kiri menuju Umbulrejo » Padukuhan Sladi » Bendungan Beton

Denah Lokasi Wisata Bendungan Beton Gunungkidul
Denah Lokasi Wisata Beton Indah Ponjong Gunungkidul

peta bendungan beton ponjong gunungkidul
Peta Bendungan Beton Ponjong Gunungkidul (citra satelit)
Sumber: Leaflet Bendungan Beton, Beton Indah - Suasana Alam Pedesaan Pegunungan Kapur

Peta Lokasi Bendungan Beton Ponjong

Lihat Peta Bendungan Beton Gunungkidul Yogyakarta skala besar.