Profil Wisata Kampung Emas Plumbungan Gunungkidul

kampung emas plumbungan

Wisata Kampung Emas Plumbungan terletak di Padukuhan Plumbungan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Koordinat GPS S7°52'08.6"S E110°32'34.7" peta lokasi, rute dari Jogja di akhir posting. Memiliki lokasi yang strategis dan mudah dijangkau dari arah Sambipitu - Nglanggeran atau Jalan Wonosari Km. 27. Kampung Emas (Elok, Mandiri, Aspiratif, dan Sejahtera) merupakan citra nuansa alam pedesaan yang  asri, indah dengan keragaman potensi alam dan tradisi  budaya masyarakat setempat yang kuat dan terus dilestarikan.

Seperti layaknya Ubud Bali, Plumbungan memiliki paronama alam hijau berupa lahan pertanian "Teras Sering" tanaman padi. Daerah yang juga dikenal sebagai sentra perkebunan kakao (bahan coklat) dan kerajinan batik kayu dengan produk topeng dan berbagai bentuk menarik lainnya. Kampung Emas Plumbungan menawarkan pengalaman berbeda dari kebanyakan potensi wisata Gunungkidul. Selain berwisata, pengunjung  belajar berbagai hal, mengenal tradisi lokal yang tidak dijumpai di kota-kota besar, sekaligus menikmati segarnya udara dan indahnya alam pedesaan.

watu joglo kampung emas plumbungan

Wisata Adventure
Menjelajah Kampung Emas bersepeda, tracking sawah - sungai - Watu Joglo

batik kayu kampung emas plumbungan

Wisata Edukasi
Outbound, petik dan mengenal pengolahan biji kakao, mengenal dan belajar gamelan, belajar batik kayu. Merasakan sensasi dolanan (permainan) anak tradisional seperti egrang, benthik, bancross, kitiran, glindingan sepet, wong-wongan sawah dll.

mancing di kampung emas

Wisata Tradisi
Melut atau menangkap belut, mancing di sungai, tawu, guyang sapi, tunggu manuk, nyuluh walang (belalang), kungkum tempuran dan jeguran dll.

kuliner kampung emas plumbungan

Wisata Kuliner
Menikmati menu khas Kampung Emas Plumbungan warisan nenek moyang Brekat Dalem atau Berkat Dalem, sompil, peyek teri, wedang sere, wedang Plumbungan, teh poci, atau minuman mineral dalam kendi. Berkat Dalem biasa dihidangkan dalam acara Bersih Desa dan upacara tradisi lokal lainnya. Makanan khas berupa ingkung ayam kampung Jawa, sayuran, lauk pauk, nasi gurih (nasi uduk) disajikan dengan sarang terbuat dari janur (daun kelapa) di sebuah gubug sederhana di tengah sawah.

Rute dari Jogja:
Jogja - Jalan Wonosari - Piyungan - Bukit Bintang atau Bukit Patuk - Pertigaan Sambipitu ke kiri - Pertigaan ke kiri menuju arah Nglanggeran - SMAN 1 Patuk - Plumbungan

Rute dari Wonosari:
Wonosari - Siyono - Lanud TNI AU Gading - Tahura - Rest Area Bunder - Pertigaan Sambipitu memutar ke kanan - Pertigaan belok kiri menuju arah Nglanggeran - SMAN 1 Patuk - Plumbungan

Kontak dan Informasi :
www.kampungemas.tk
www.twitter.com/kampungemas
www.instagram.com/kampungemas


Peta Lokasi Kampung Emas Plumbungan Gunungkidul
Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger