15 Desa Wisata di Gunungkidul

15 desa wisata gunungkidul

15 Nama Desa Wisata di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu: Bobung, Mojo, Garotan, Nglanggeran, Bejiharjo, Bleberan, Umbulrejo, Wonosadi, Kemadang, Ngestirejo, Jelok, Sidoharjo, Kemuning, Mulo, dan Turunan. 7 nama-nama desa wisata berurutan dari awal lebih dulu berdiri dan berkembang, sedangkan 8 desa disebut terakhir merupakan rintisan desa wisata yang sedang dikembangkan.

Desa Wisata Bobung
Terletak di Kecamatan Patuk, 15 km kota Wonosari. Desa ini merupakan sentra kerajinan topeng, batik, dan ornamen terbuat dari kayu. Saat ini Desa Bobung dilengkapi fasilitas untuk pertemuan dan outbound.

Desa Wisata Mojo
Terletak di Kecamatan Semanu, 10 km arah timur kota Wonosari ke arah Pacitan, Jawa Timur. Desa ini merupakan sentra kerajinan ukir batu putih dengan berbagai ragam ornamen, memiliki obyek wisata susur Goa Jlamprong dan wisata ritual nyadran sumber air Kecemut dan jelajah alam hutan Mojo.

Desa Wisata Garotan
Terletak di Kecamatan Semin, 25 km arah timur laut kota Wonosari menuju kota Solo atau Klaten. Desa ini terkenal dengan kerajinan khas cor logam dalam bentuk lampu antik, kursi taman, dan lain-lain.

Desa Wisata Nglanggeran
Terletak di Kecamatan Patuk, 25 km arah barat kota Wonosari. Desa ini memiliki obyek wisata petualangan Gunung Api Purba Nglanggeran. Di puncak Gunung Nglanggeran ini wisatawan dapat menikmati suasana alam pedesaan sekitar lokasi dan pemandangan kota Yogyakarta. Kini telah dikembangkan kebun buah dengan sarana pengairan dari Embung Nglanggeran yang memiliki pemandangan indah.

Desa Wisata Bejiharjo (Dewabejo)
Terletak di Kecamatan Karangmojo, 7 km arah timur laut kota Wonosari. Desa ini memiliki obyek wisata susur Sungai Oya dan Goa Pindul (cave tubing), Goa Glatik, Monumen Panglima Sudirman, situs megalitik Sokoliman. Salah satu potensi budaya lokal yang terkenal adalah kesenian Wayang Beber.

Desa Wisata Bleberan
Terletak di Kecamatan Playen, 8 km arah barat kota Wonosari. Memiliki obyek wisata Goa Rancang Kencono, susur Sungai Oya (rafting), situs megalitik Bleberan, dan Air Terjun Sri Gethuk. Desa Bleberan juga memiliki kekayaan alam (pertanian dan perikanan) yang dikembangkan menjadi agrowisata, minawisata, dan jelajah wisata pedesaan.

Desa Wisata Umbulrejo
Terletak di Kecamatan Ponjong, 15 km arah timur kota Wonosari. Desa ini memiliki obyek wisata alam tirta berupa Dam Beton dengan fasilitas: rumah makan menu ikan air tawar, kolam pemancingan, dan sarana outbound. Terdapat obyek wisata susur Goa Gremeng dan Goa Cokro.

Desa Wisata Wonosadi
Terletak di Desa Beji, Kecamatan Ngawen, sekitar 30 km arah utara kota Wonosari. Desa Beji memiliki keunikan berupa areal hutan Wonosadi yang asri sebagai salah satu kawasan hutan lindung yang terjaga keasliannya. Terdapat satu kesenian asli Gunungkidul yaitu Rinding Gumbeng dengan memainkan alat sederhana terbuat dari bambu yang ditiup.

Desa Wisata Kemadang
Terletak di Kecamatan Tanjungsari, 22 km arah selatan kota Wonosari. Memiliki potensi wisata berupa pantai yang cukup terkenal: Pantai Baron dan Pantai Kukup. Kaya akan potensi budaya dan keanekaragaman hasil laut.

Desa Wisata Ngestirejo
Terletak di Kecamatan Tanjungsari, 30 km arah selatan kota Wonosari. Memiliki potensi wisata berupa pantai yaitu Pantai Krakal. Potensi lain berupa telaga dan Goa Tritis dengan alam pedesaan dan potensi budaya lokal yang khas.

Desa Wisata Jelok (Dewielok)
Terletak di Kecamatan Patuk, merupakan desa wisata berbasis adat istiadat dan kehidupan sehari-hari khas pedesaan. Wisatawan dapat menikmati susur sungai, outbound, dan seni budaya tradisional.

Desa Wisata Sidoharjo
Terletak di wilayah pesisir selatan, dengan obyek wisata andalan Pantai Sundak, didukung potensi pertanian antara lain: buah-buahan khas Gunungkidul seperti Srikaya dan Sirsat, serta berbagai sarana prasarana obyek wisata dan kesenian tradisional.

Desa Wisata Kemuning
Terletak di jalur utama Jogja - Wonosari, di seberang Hutan Wanagama. Selama ini dikenal sebagai bumi perkemahan dengan obyek wisata pendukung: Telaga Kemuning dan hutan kayu putih di sepanjang Kali Oya (Sungai Oya).

Desa Wisata Mulo
Terletak di jalur utama Wonosari menuju Pantai Selatan, memiliki bentang karst dengan potensi wisata Goa Ngingrong yang sedang dikembangkan.

Desa Wisata Turunan
Terletak di Kecamatan Panggang, merupakan wana wisata dengan pemandangan alam Sungai Oya dan pegunungan. Mudah dijangkau dari arah Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta.

Sumber: Data Potensi Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul

Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger