Peta Gunung Api Purba Nglanggeran

peta gunung nglanggeran gunungkidul
Gunung Nglanggeran atau Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Koordinat GPS (lokasi): S7°50'28" E110°32'29" (lihat peta). Merupakan Kawasan Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl dan suhu udara rata-rata 23˚C - 27˚C. Lokasi berjarak tempuh 20 km dari kota Wonosari dan 25 km dari kota Yogyakarta.

Kawasan yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan serta secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi. Dari hasil penelitian dan referensi yang ada, dinyatakan sebagai Gunung Berapi Purba. Gunung Nglanggeran terbagi menjadi beberapa bagian (tempat khusus) dan berada di satu kawasan, yaitu: Gunung Kelir, Sumber Air Comberan, Gunung Gedhe, Gunung Bongos, Gunung Blencong, Gunung Buchu, Tlogo Wungu, Tlogo Mardhido, Talang Kencono, Pamean Gadhung dan juga terdapat Kawah Merapi Purba.

Ekowisata Gunung Api Purba Nglanggeran sebagai salah satu wisata minat khusus di Kabupaten Gunungkidul dikelola oleh Sentra Pemuda Taruna Purba Mandiri, Pokdarwis dan Karang Taruna Bukit Putra Mandiri. Paket wisata yang ditawarkan berupa :
  • Wisata petualangan/adventure: panjat tebing, jelajah gunung, dan susur goa;
  • Eduwisata di bidang lingkungan, seni dan budaya, atau paket live in bagi pelajar;
  • Community Gathering di lingkungan khas pedesaan dengan sajian seni budaya lokal.
Saat berkunjung ke lokasi Anda akan menjumpai Pendopo atau Joglo Kalisong sebagai pintu gerbang kawasan Gunung Nglanggeran. Dari tempat inilah perjalanan mendaki menuju puncak dimulai melalui 2 jalur yang tersedia, yaitu jalur dengan tingkat kesulitan mudah atau jalur sedang. Tersedia fasilitas outbound area, camping ground, dan home stay.

Gunung Nglanggeran Gunungkidul Jogja
 Sumber: Gunungapipurba.com dan Buku Welcome to Gunungkidul Jogja Indonesia, Enjoy The Adventure!

Setelah sampai di Puncak Gunung Nglanggeran, jangan lupa melakukan "ritual foto terbang" atau levitasi. Caranya bergayalah dengan melompat tinggi, ketika anggota badan melayang saat itulah tombol kamera ditekan. Jangan sungkan meminta bantuan pemandu wisata dalam mengambil gambar. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda mendapatkan hasil "foto terbang" sesuai yang kita inginkan.

lokasi gunung api purba nglanggeran
Denah Lokasi Gunung Nglanggeran sumber: Gunungapipurba.com 
(klik untuk skala besar)

Rute Lokasi Gunung Nglanggeran Gunungkidul dari Jogja:
Jogja - Piyungan - Bukit Hargodumilah (Bukit Bintang) - Perempatan Patuk (Timur Radio GCD FM) ke kiri - Desa Ngoro-Oro - Perempatan Timur UPT Puskesmas Unit II Patuk ke kanan - Desa Nglanggeran – Joglo (Pendopo) Kalisong.

Rute Lokasi dari Wonosari:
Wonosari - Lanud TNI AU Gading - Rest Area Bunder - Perempatan Sambipitu ke kanan masuk jalan ke arah Desa Bobung - Desa Nglanggeran - Joglo (Pendopo) Kalisong.

Peta Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran
Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger