Desa Wisata Jelok Gunungkidul Yogyakarta

desa wisata jelok

Desa Wisata Jelok Gunungkidul Yogyakarta. Desa Wisata Jelok atau disingkat DEWIELOK terletak di Padukuhan Jelok, Desa Beji, Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di Jl. Wonosari Km 25, sekitar 30 km arah Tenggara Kota Yogyakarta atau 15 km arah Barat kota Wonosari, Gunungkidul.

Desa Wisata Jelok memiliki potensi yang luar biasa dalam mengemas paket wisata sebagai perpaduan upaya pelestarian lingkungan dan tradisi budaya lokal dengan semangat pluralitas, kebersamaan dan kegotongroyongan. Wisatawan dapat menikmati wisata pendidikan (non formal), aneka petualangan, dan atraksi kesenian tradisional dengan suasana khas alam pedesaan.


desa wisata jelok gunungkidul
Keindahan Jembatan Gantung Desa Wisata Jelok pada malam hari

Desa Wisata Jelok memiliki jembatan gantung artistik di atas aliran sungai, lokasi yang cocok dan indah untuk diabadikan bagi para penggemar fotografi. Di sini juga terdapat komunitas belajar yang disebut Kampoeng Nusantara. Desa wisata yang berharap menjadi “Venesia-nya Indonesia” ini juga menyajikan paket khusus wisata Dinner on The River, sensasi menikmati makan malam (Romantic Dinner) di atas sungai dengan suguhan kuliner tradisional dan iringan musik etnik Jawa. Bagi penggemar petualangan, susur Goa Cokakan sambil menikmati stalaktit dan stalakmit khas goa-goa karst Gunungkidul bisa menjadi pilihan. Berbagai fasilitas menarik tersedia, salah satu yang terus dikembangkan adalah cottage unik tempat menginap bagi wisatawan.

Sumber foto: dewielok.blogspot.com ~ www.facebook.com/DesaWisataJelok

Wisata yang disajikan di Desa Wisata Jelok:
Wisata Air : arung jeram, kano, rafting, dll
Wisata Petualangan : susur goa, tracking sepeda.
Wisata Budaya : adanya spel kesenian karawitan yang rutin di Desa Wisata Jelok
Sarana outbound, makrab, bumi perkemahan (camping ground), penginapan.
Sajian pemandangan dengan spot fotografi menawan.
Romantic dinner dengan suasana Pedesaan.
Jembatan gantung antik Jelok dan lika liku Sungai Oya.
Wisata kuliner mencicipi wader kali dan sajian khas Gunungkidul.
Rute Desa Wisata Jelok dari Jogja :
Kota Yogyakarta - Piyungan - Bukit Patuk atau Bukit Bintang - Kantor Kecamatan Patuk - SMK Muhammadiyah Patuk 1 - Tikungan Beji atau pertigaan ke kanan menuju Desa Beji (ada pangkalan ojek) - Kantor Kepala Desa Beji - Pertigaan ke kiri melalui jembatan Jelok - Sekretariat Desa Wisata Jelok

Peta Lokasi Desa Wisata Jelok Gunungkidul Jogja
Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger