Goa Tanding Pesona Baru Wisata Gunungkidul

Goa Tanding adalah obyek wisata alam susur goa atau gua bawah tanah yang terletak di Padukuhan Gelaran II Desa Bejiharjo Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Koordinat GPS 7°55'57.8"S 110°38'57.4"E Alamat Goa Tanding berada di sebelah selatan kawasan wisata Goa Pindul, Gunungkidul, Jogja.

goa tanding
Goa Tanding Gunungkidul (instagram.com/anhyasriani)

Goa Tanding merupakan obyek wisata baru di Gunungkidul  Jogja yang dikelola oleh Pokdarwis Sadamwisata. Wilayah Kabupaten Gunungkidul yang sebagian besar terdiri dari perbukitan dan gunung karst banyak terdapat goa atau gua yang  dalamnya juga mengalir sungai bawah tanah. Baik Goa Tanding dan Goa Pindul memiliki karakter alam yang hampir sama yaitu goa dengan aliran sungai yang di dalamnya menyimpan keindahan alam yang unik.



Perbedaan paket wisata antara Goa Tanding dan Goa Pindul terletak pada alat yang digunakan untuk susur sungai. Jika Goa Pindul menggunakan ban karet maka Goa Tanding menggunakan perahu karet. Perpaduan antara caving dan rafting/boating menembus gelapnya sungai dalam perut bumi. Wisatawan diajak menyusuri sungai dalam goa sepanjang ± 450 meter menggunakan perahu karet lengkap dengan peralatan standar keselamatan. Tanding Cave Boating merupakan obyek wisata susur goa pertama dan satu-satunya yang menggunakan teknik ini. Perahu karet yang digunakan berkapasitas 1-6 orang, selama penelusuran akan ditemani pemandu berpengalaman. Goa Tanding memiliki lebar 1-8 meter dengan ketinggian 4-11 meter sehingga pengunjung dapat leluasa dalam penelusuran, serta kedalaman air bervariasi antara 2-4 meter. Pengunjung juga akan disuguhi pemandangan dan keindahan ornamen goa yang unik, stalaktit dan stalakmit yang masih aktif dan berkilauan saat terkena lampu senter.

goa tanding jogja
Goa Tanding (www.goatanding.com)

Selain itu Goa Tanding juga menawarkan terapi ikan bagi para pengunjung bahkan jika Anda suka tantangan, bisa juga  masuk ke dalam goa melalui lubang atap goa dengan tali atau rappelling. Di kawasan ini terdapat Kedung Buntung atau Dungbuntung dan mata air Sumber Ngancar yang tak kalah indah. Harga tiket masuk atau retribusi Goa Tanding akan ditentukan paket wisata yang Anda pilih, salah satunya berdasarkan cara masuk ke dalam goa, apakah horisontal lewat pintu masuk goa atau secara vertikal lewat lobang atap goa.

goa tanding yogja
Rappelling Goa Tanding (www.goatanding.com)

Masyarakat yang baru pertama kali mendengar nama Goa Tanding tentu  akan beranggapan keberadaan goa ini sebagai tandingan dari Goa Pindul yang lebih dulu dikenal. Ternyata tidak, asal mula nama Goa Tanding diabadikan dan diambil dari nama warga yang pertama kali menemukan goa yaitu, Harto Tanding. Keberadaan Goa Tanding diharapkan menjadi pelengkap potensi Desa Wisata Bejiharjo yang telah memiliki wisata Goa Pindul dan wisata susur Sungai Oya.  Sehingga dapat bermanfaat bagi perekonomian warga sekitar.  

Pola pengembangan potensi wisata Gunungkidul yang selama ini digunakan yaitu mengedepankan pemberdayaan, partisipasi, dan ide kreatif masyarakat untuk mengelola potensi alam di sekitarnya. Hal ini terlihat semakin banyak bermunculan obyek wisata baru di Gunungkidul seperti sekarang ini. Peran wisatawan dan pengunjung untuk melestarikan potensi ini tentu juga penting, diantaranya tetap menjaga kelestarian alam tempat yang dikunjunginya dengan tidak merusak, mengotori, dan membuang sampah sembarangan. Informasi Paket Wisata Alam Goa Tanding selengkapnya dapat dilihat di website: www.goatanding.com

Rute Lokasi Goa Tanding dari Yogyakarta :
Jogja - Jalan Wonosari - Bukit Bintang - Patuk - Sambipitu - Lanud TNI AU Gading -Logandeng - Bundaran Siyono ke kiri menuju Ringroad Lingkar Utara (Piyaman) - Bangjo Perempatan Budegan lurus - Bangjo Perempatan Grogol belok kiri menuju arah Goa Pindul - Pertigan lurus arah SMP 2 Karangmojo - pertigaan pertama belok kiri, pertigaan (ada pohon munggur besar) belok kanan kemudian sampai TPR - 400 meter lurus lihat papan arah ke Goa Tanding

Peta Lokasi Goa Tanding Gunungkidul Jogja
Lihat Peta Lokasi Goa Tanding Gunungkidul Jogja skala besar
Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger