Peta Pantai Jogan Air Terjun Jogan Gunungkidul

peta pantai jogan
Peta Pantai Jogan - Peta Lokasi Pantai Jogan Gunungkidul Jogja

Pantai Jogan terletak di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Lokasi Pantai Jogan ada di sebelah Barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung atau di sebelah Timur Pantai Timang. Koordinat Lokasi atau GPS S8°10'49" E110°40'33"

Pantai Jogan memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki wisata pantai Gunungkidul lainnya. Di kawasan ini terdapat air terjun Jogan. Air Terjun Jogan berasal dari sumber air tawar (sungai) di antara perbukitan karst yang mengalir jatuh ke laut. Pantai Jogan nyaris tidak memiliki  pasir pantai sebagai pembatas wilayah daratan dan laut (pesisir), karena laut berbatasan langsung dengan tebing. Jika air laut sedang surut, pengunjung bisa menikmati keindahan air terjun dari bawah di antara bebatuan dan terdapat sedikit pasir. Namun jika air laut pasang, lokasi jatuhnya air terjun terendam air laut. Di sisi kanan dan kiri terdapat tumbuhan pandan, tepat di atas tebing karang memanjang dan jaraknya tidak terlalu tinggi dari permukaan air laut. Dari atas tebing inilah pengunjung bisa menikmati keindahan Jogan Waterfall.

Foto Air Terjun Jogan Gunungkidul Yogyakarta (Bachtiar Firgiawan - Flickr.com)

"Jogan Waterfall.."

Kawasan pantai Jogan bisa menjadi alternatif wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul, selain karena pemandanganya yang indah, keberadaan air terjun yang berbatasan langsung dengan laut jarang ditemui di tempat lain. Lokasi Pantai Jogan berdekatan atau satu jalur dengan Pantai Nglambor dan Pantai Siung (sekitar 200 meter arah Barat Pantai Siung), setelah melewati TPR akan menjumpai pertigaan, arah lurus menuju Pantai Siung dan jika belok ke kanan menuju Pantai dan Air Terjun Jogan. Kawasan pantai Jogan juga biasa dipakai sebagai tempat memancing.

Rute Lokasi Pantai Jogan - Air Terjun Jogan dari Yogyakarta:
Jogja » Piyungan » Patuk » Sambipitu » Rest Area Hutan Bunder » Gading » Bundaran Siyono » Alun-alun Wonosari » Baleharjo » Jalan Wonosari Semanu » Perempatan setelah Jembatan Jirak Semanu belok kanan » Pasar Semanu lurus ke Selatan » Panggul » Jalan Girisubo Wonosari » Purwodadi » Jalan Raya Pantai Siung » Pertigaan sebelum Pantai Siung ke kanan » Pantai dan Air Terjun Jogan. 
Peta Wisata Lokasi Pantai Jogan - Air Terjun Jogan diantara jajaran wisata pantai Gunungkidul:


peta air terjun jogan pantai jogan yogyakarta

Peta Lokasi Pantai Jogan - Air Terjun Jogan

Lihat Peta Lokasi Pantai Jogan - Air Terjun Jogan Gunungkidul Yogyakarta skala besar.
Bagikan :
 
Copyright © 2016. Kedai Susu 01 Wonosari - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger